Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » AC Rumah » Cara Kerja Kompresor AC

Cara Kerja Kompresor AC

(38 Views) May 19, 2019 10:08 pm | Published by | 2 Comments
Cara Kerja Kompresor AC

Kompresor merupakan salah satu komponen terpenting pada unit AC. Cara kerja kompresor AC akan kami jelaskan secara simple agar Anda mudah mengerti prosesnya.

Perlu Anda ketahui kompresor tidak bekerja sendiri, ada perangkat lain yang berperan penting juga dalam proses menciptakan suhu udara yang Anda inginkan. Ada 6 komponen utama pada AC:

  1. Kompresor
  2. Kondensor
  3. Strainer
  4. Evaporator
  5. Thermostat
  6. Fan/Kipas

Namun pada kesempatan kali ini kami hanya membahas tentang kompresor AC beserta tips agar kompresor Anda tetap awet dan tetap dalam kondisi yang prima.


Cara Kerja Kompresor AC Rumah

Berbicara tentang sistem kerja sebuah AC memanglah sangat menarik untuk dibahas. Tak dapat dipungkuri perkembangan tekhnologi menjadikan AC keluaran terbaru semakin canggih dan kompleks.

Kompresor merupakan sebuah power unit (jantung) dari seluruh sistem AC. Tanpanya, AC anda tidak akan menghasilkan suhu yang dingin. Fungsi kompresor yaitu mengubah unsur gas bertekanan rendah menjadi gas bertekanan tinggi.

Sama halnya seperti jantung manusia yang memompa darah ke seluruh tubuh, kompresor juga memiliki peran serupa yaitu memompa gas/cairan ke seluruh sistem AC.

Freon (refrigerant) adalah cairan yang menyerap panas dari dalam rumah kemudian membawanya keluar. Freon ini memiliki fungsi mirip seperti darah, menyerap dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Berikut ini adalah proses yang lebih mendalam bagaimana sebuah AC memproses zat pendingin dan peran kompresor didalamnya.

Langkah 1
Kompresor akan memompa refrigeran dari unit luar (kondensor) ke unit bagian dalam (evaporator). Dimana refrigeran dalam bentuk cairan yang dingin menyerap panas dari dalam rumah Anda.

Ketika panas yang diserap semakin banyak, cairan dingin tersebut berubah menjadi uap. Makin lama uap panas akan berkumpul sampai batas tertentu, kemudian menuju ke kompresor.

Langkah 2
Setelah uap dari refrigeran kembali ke unit luar ruangan, kompresor mengisap refrigeran untuk dipanaskan lagi menjadi uap super panas. Uap panas secara alami akan bergerak ke ruang yang lebih dingin.

Dimana uap super panas tadi lama kelamaan akan kehilangan panasnya karena berpindah ke udara luar yang lebih dingin. Karena kehilangan banyak panas, refrigeran akan berubah menjadi cair.

Langkah 3
Ketika refrigeran kehilangan sebagian besar uap panasnya, kompresor akan mengirimkannya kembali ke dalam ruangan untuk menyerap panas dan mengulang proses tadi hingga ruangan Anda menjadi dingin sesuai settingan.


Tips Merawat Kompresor AC Agar Awet dan Tahan Lama

Anda sudah tahu kan peran kompresor pada AC..?

Karena kompresor itu berharga dan juga mahal, maka harus dirawat dengan baik. Umumnya kompresor dapat bertahan hingga 10 – 15 tahun. Pastikan unit luar (outdoor) dijaga kebersihannya agar kompresor Anda tetap prima. Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan.

  • Sebulan sekali perangkat luar AC harus di cek. Jangan sampai ada ranting, semak, pagar atau benda yang menutupinya. Hindari menutup unit luar AC dengan apapun karena hal itu dapat mengganggu proses pertukaran udara panas dan dingin. Jika tertutup kompresor Anda akan over heat atau panas berlebihan kemudian mudah rusak.

  • Cek refrigeran atau freon Anda. Jika cairan refrigeran kurang, kompresor akan bekerja lebih keras dan mempercepat usia kerusakannya. Biasanya ada beberapa tanda-tandanya:
    • Ac Anda tidak bisa mendiginkan ruangan.
    • Tagihan listrik naik.
    • Adanya es pada gulungan pendingin.
    • Adanya sura bising datang dari saluran pendingin.

Kesimpulannya Anda perlu perawatan rutin agar AC dan semua komponen didalamnya tetap dalam kondisi prima. Lebih mudahnya silahkan hubungi jasa service AC terdekat untuk maintenance unit air conditoner Anda.

Jika Anda butuh jasa perawatan kompresor AC untuk wilayah Jakarta – Tangerang, segera hubungi 081237062602. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami cara kerja komprosor AC rumah.

Jika infomasi tadi ada yang terlewatkan, Anda bisa bantu koreksi dengan menuliskan komentar dibawah ini.

Cara Kerja Kompresor AC Dehome

Categorised in:

2 Comments for Cara Kerja Kompresor AC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *