Cara mengatasi kolam renang berwarna hijau penting untuk Anda ketahui. Jika hal itu terjadi, akan sangat rumit bagi Anda untuk memulihkannya seperti sedia kala. Siapa sih yang tidak ingin memiliki air kolam renang yang bersih dan jernih.

Mood orang untuk berenang itu tergantung dari kualitas airnya.

Cara Mengatasi Kolam Renang Berwarna Hijau
Cara Mengatasi Kolam Renang Berwarna Hijau

Namun untuk menjaga air kolam tetap jernih tidaklah mudah. Kerap kali kita berjumpa kolam renang yang berwarna hijau, tidak hanya di permandian umum, di hotel berbintang pun masih ada.

Apalagi saat musim hujan tiba, jika perawatan kolam tidak optimal akan sangat mudah berubah warna.

Meskipun mesin pompa kita terus dihidupkan untuk sirkulasi dan memfilter kotoran, tidak menutup kemungkinan air kolam renang bisa rusak atau terserang alga.

Jika sudah berwarna hijau tentu saja tidak sedap dipandang mata dan niat untuk berenangpun hilang. Nah apa saja sih penyebab air kolam berubah warna menjadi hijau?

Yuk simak penjelasannya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kolam Renang Berwarna Hijau

Faktor utama penyebab warna air kolam renang berubah hijau adalah tingginya tingkat alga yang ada didalam air. Dimana zat kloforil yang dikeluarkan oleh alga tersebut merubah air menjadi hijau.

Penyebab Air Kolam Berwarna Hijau
Penyebab Air Kolam Berwarna Hijau

Adapun faktor lainnya sudah Dehome uraikan secara jelas dibawah ini.

Kebersihan Kolam Renang Tidak Terjaga

Kebersihan kolam renang harus terus dijaga untuk meminimalisir terserang alga. Penggunaan mesin pompa dan filter hanya mampu membersihkan air kolam yang keluar masuk mesin.

Tetapi kotoran dipermukaan kolam seperti daun yang jatuh juga bisa menjadi pencetus tercemarnya air kolam.

Pastikan selalu bersihkan daerah kolam renang dari daun dan sikat bibir , tembok dan dasar kolam secara rutin. Biasanya struktur kolam yang tidak baik akan mudah sekali kotor dari debu dan rumput.

Apabila permukaan atau bibir kolam renang yang Anda miliki langsung terhubung dengan rumput, perlu perhatian ekstra untuk membersihkannya.

Curah Hujan Yang Tinggi

Jangan salah, faktor cuaca juga menjadi penyebab air kolam berubah hijau. Apalagi jika musim hujan datang, air kolam renang akan terus terisi dan akan menyingkirkan chemical yang terkandung didalamnya. Hal tersebut membuat PH air berubah.

Tips Mengatasi Kolam Renang Berwarna Hijau
Tips Mengatasi Kolam Renang Berwarna Hijau

Campuran air hujan yang jatuh ke kolam akan bersatu dengan kotoran yang ada di bibir atau pinggir kolam. Kemudian angin kencang saat hujan juga dapat menyeret daun dan ranting masuk kedalam kolam renang.

Kotoran organik inilah yang nantinya akan membusuk dan merusak kualitas air kolam renang Anda.

Mengaplikasikan Chemical Yang Kurang Tepat

Biasanya bagi Anda yang kurang paham dengan PH air kolam renang akan sembarangan dalam pemberian chemical. Perlu pengecekan PH terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan obat kolam seperti klorin, truzi dan lainnya.

Karena chemical yang masuk kedalam kolam renang akan mengendalikan banyak unsur, nah jika salah sasaran air kolam pun akan berubah warna.

Contoh pemberian klorin yang berlebihan bukannya akan membuat air kolam renang semakin jernih. Namun air kolam akan menjadi keruh dan berubah putih seperti susu.

Tingkat PH Terlalu Tinggi

Bagi Anda yang malas cek PH air siap-siap dilanda badai alga dan ganggang. Apabila tingkat PH kolam renang tidak stabil, secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi air dan mempermudah bakteri, alga, kuman dan ganggang berkembang biak dan merubah warna air kolam renang menjadi hijau.

Kesimpulan dari cara mengatasi kolam renang berwarna hijau yaitu pentingnya perawatan yang rutin dan benar. Telitilah dalam pemberian obat dan membersihkan kolam renang.

Share This