Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Dapur » Tips Dapur Impian Minimalis Ala Dehome

Tips Dapur Impian Minimalis Ala Dehome

(47 Views) November 15, 2018 11:52 am | Published by | No comment

Dengan langkah-langkah yang tepat, dapur impian minimalis anda akan segera terwujud jadi kenyataan. Entah mulai membangun dari nol atau merenovasi dapur yang lama, urusan mendesign dapur cukup menyita pikiran, tenaga dan keuangan Anda tentunya.

Ini karena dapur merupakan ruangan yang kompleks dan memiliki kebutuhan khusus.

Tips Dapur Impian Minimalis Ala Dehome

Sebuah dapur yang sering Anda lihat di ruang pamer pun tidak semerta-merta bisa dibawa pulang dan dipasang langsung di rumah Anda. Sebuah dapur harus dibuat sesuai dengan kondisi ruang di rumah.

Apalagi masa kini dapur tidak sekedar tempat memasak makanan. Perubahan gaya hidup membuat area yang satu ini punya fungsi lain, seperti makan bareng kerabat, bekerja bahkan menerima tamu.

Tentu hal tersebut membuat dapur harus dirancang sedemikian rupa dengang lebih cermat. Sebuah dapur harus fungsional, sekaligus nyaman dan enak dipandang mata.

Karena itulah pekerjaan membuat dapur tidak jarang jadi proses bolak-balik yang tidak kunjung usai. Selain sangat melelahkan, dapur idaman Anda pun tidak jadi terwujud.

Belum lagi biaya yang bisa membengkak akibat kurang perencanaan. Untuk menghindari itu, ada beberapa langkah yang sebaiknya Anda lakukan secara bertahap.

Tips Dapur Impian Minimalis Ala Dehome
Sumber : chuttersnap on Unsplash

Membuat Daftar Kebutuhan.

Maksud disini Anda harus siapkan hal-hal apa saja yang sekiranya diperlukan, bukan yang Anda inginkan atau bahkan yang Anda impikan. Pisahkan dengan bijaksana ketiga hal itu agar daftar yang Anda buat “ramping” dan lebih mudah diwujudkan.

Untuk mempermudah, coba jawab beberapa pertanyaan dibawah ini dan catat hasilnya.

  • Seperti apa gaya memasak Anda? Masakan praktis sehari-hari? Uji coba berbagai resep baru? Membuat kopi? dan lainnya.
  • Perangkat apa saja yang akan ada di dapur? Untuk perangkat besar sebaiknya diputuskan sejak awal agar tidak banyak perubahan design di kemudian hari.
  • Dapur Anda akan berfungsi sebagai tempat sarapan atau makan besar? Tempat anak-anak mengerjakan PR? Tempat kerabat dekat mengobrol?.

Mengamati Kondisi Ruang.

Tidak cukup hanya sekedar memeriksa tempat dimana dapur baru akan dibuat atau tempat dapur lama berada dan mengetahui lokasinya saja. Lebih jauh lagi, Anda harus melakukan pengamatan, pencatatan terhadap hal-hal berikut ini:

  • Ukuran ruang yang benar.
  • Struktur tembok.
  • Saluran air bersih dan air kotor.
  • Jalur listrik.
  • Saluran buang udara untuk cookerhood.

Semua poin diatas sangat mempengaruhi bujet, karena mengubah bagian-bagian tertentu membutuhkan pekerjaan tambahan yang besar. Semakin sedikit yang diubah, semakin Anda menghemat biaya.

Mencari Inspirasi.

Langkah ini sebenarnya bisa Anda lakukan jauh-jauh hari. Namun bila Anda sudah memiliki gambaran tentang kebutuan dan kondisi ruang yang ada, inspirasi yang Anda cari akan lebih mengerucut.

Anda tidak akan membuang-buang waktu mencari design dapur yang akhirnya tidak bisa terpakai karena tidak cocok di applikasikan di rumah Anda.

Inspirasi tidak semata tentang tampilan saja. Lebih dalam lagi, ide sebuah dapur dapat dilihat dari penempatannya dalam ruang,  sampai konsep penyimpanan yang akan diterapkan.

Jika ada elemen khusus yang Anda sukai, misalkan model bak cuci tangan atau model tertentu, simpanlah gambar inspirasinya. Ini nantinya berperan sebagai panduan Anda saat membeli barang.

Menghitung Bujet.

Sumber : Tom Grimbert on Unsplash

Setelah Anda mendapat gambaran dari design dapur yang diinginkan, lakukan perhitungan kasar. Sebenarnya yang paling banyak menyedot uang Anda keluar dalam pembuatan dapur adalah pemilihan material. Berbagai macam pilihan dan harga material dapat Anda ketahui dengan survey harga ke penjual material atau ruang display dapur di mall.

Langkah menyesuaikan biaya pembuatan dapur dengan bujet bukan berarti berusaha mendapatkan harga terendah. Ada kalanya Anda justru tidak boleh berhemat untuk beberapa elemen yang vital di dapur. Pasalnya, bila elemen ini yang penting rusak, biaya perbaikan atau penggantinya kan mengerus kocek Anda lebih banyak.

Beriku beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menghitung budget:

  • Pilihlah material tabletop terbaik yang mampu Anda beli, sebab dibagian inilah yang akan “bekerja keras”. Granit dan solid surface meruakan investasi yang bagus.
  • Jangan takut menghabiskan uang untuk engsel kabinet. Karena akan sering dibuka tutup, pastikan engsel berkualitas tinggi. Engsel murah biasanya akan cepat rusak.
  • Finishing kabinet bisa disiasati agar Anda bisa lebih hemat. Misalnya Anda suka kesan bersih, pelapis jenis laminate yang mengkilap lebih murah dibanding kayu solid yang di-finishing duco.
  • Untuk perangkat dapur, investasikan lebih kepada kompor. Jika bujet terbatas, redam keinginan Anda untuk membeli mesin pembuat kopi, pemanggang roti, misalnya. Perangkat ini bisa Anda beli belakangan.
  • Siapkan dana 10% dari total bujet sebagai cadangan untuk biaya tidak terduga.

Menghubungi Ahlinya.

Langkah-langkah sebelumnya memang dapat Anda lakukan sendiri. Namun, tentu akan lebih mudah bila Anda menghubungi penyedia jasa di bidang dapur, seperti arsitek, designer interior, atau kontraktor.

Keempat langkah diatas akan sangat membantu Anda saat berkonsultasi dengan designer, karena Anda sudah memiliki peta yang jelas dan bujet yang tersedia.

Baca juga : Mewujudkan Dapur Mungil Idaman Bersama Dehome

Dehome menyediakan jasa renovasi untuk mewujudkan dapur impian minimalis anda dengan bujet terjangkau namun hasil yang memuaskan. Silahkan WA 081237062602 untuk info lebih detail.  Selamat mewujudkan dapur idaman Anda bersama Dehome.

Categorised in:

No comment for Tips Dapur Impian Minimalis Ala Dehome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *