Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » AC Rumah » Perbedaan AC Inverter dan Non Inverter

Perbedaan AC Inverter dan Non Inverter

(34 Views) May 19, 2019 9:35 pm | Published by | No comment
Perbedaan AC Inverter dan Non Inverter

Mungkin masih ada yang belum mengetahui perbedaan AC inverter dan non inverter. Jenis AC mana dari keduanya yang paling cocok digunakan untuk keperluan pendingin ruangan di rumah Anda.

Setiap jenis air conditioner memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pembelian unit AC sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran ruangan Anda.

Melalui artikel ini kami akan bahas tuntas perbedaannya. Mari simak artikel ini sampai habis.

Apa Sih Perbedaan AC Inverter dan Non Inverter?

Sebelum masuk ke tabel perbedaannya, mari cari tahu dulu definisi dari AC inverter dan non inverter.

AC Inverter

AC inverter belakangan ini menjadi idola karena dilengkapi dengan fitur yang lebih smart. Perangkat ini sudah dilengkapi komponen yang mampu bekerja mengatur kompresor AC sesuai kebutuhan.

Sistem kerjanya yaitu arus listrik dari PLN berupa AC dirubah menjadi DC, kemudian dirubah kembali menjadi AC secara otomatis melalui sensor suhu.

Apabila suhu ruangan sudah dingin, sensor tersebut akan bekerja mengatur listrik agar putaran kompresor lebih lambat. Tujuannya untuk menghemat pemakaian listrik.

AC Non Inverter

Perbedaan AC Inverter dan Non Inverter (Standar)

Pada umumnya AC non inveter mempunyai daya listrik 800 Watt. Dimana sistem kerjanya ketika AC mulai dinyalakan, AC tersebut membutuhkan daya listrik sebesar 800 Watt atau lebih.

Kemudian saat suhu ruangan sudah dingin maka perangkat AC outdoor akan mati secara otomatis. Outdoor akan hidup kembali jika suhu ruangan sudah lebih panas dari suhu yang sudah Anda setting.

Tabel Perbedaan AC Inverter dan Non Inverter


Perbandingan AC Inverter AC Non Inverter
Harga unit Lebih mahalLebih murah
Perawatan berkala Lebih mahalLebih murah
Konsumsi listrikLebih hematLebih boros
Suara / bisingTidak bisingLebih berisik
Tingkat kedinginanLebih nyamanCepat dingin
Ruangan yang cocokKamar tidur utamaRuang tamu dan keluarga
Daya tahanLebih kuatKurang kuat

Setelah melihat tabel diatas dapat disimpulkan bahwa kami sangat merekomendasikan Anda menggunakan perangkat AC inverter untuk ruangan yang memang sering digunakan seperti kamar tidur dan ruang kerja.

Sebaliknya untuk ruangan yang jarang digunakan atau pemakaian 2-3 jam sehari seperti tempat ibadah dan ruang keluarga bisa menggunakan AC non inverter (standar).

Demikian opini kami tentang perbedaan AC inverter dan non inverter. Mungkin hasilnya bisa berbeda untuk setiap orang. Bagaimana dengan pengalaman Anda mengenai hal tersebut?

Categorised in:

No comment for Perbedaan AC Inverter dan Non Inverter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *