Tips mengajak anak 1 tahun berenang yang aman buat Anda yang berencana berlibur bersama keluarga di sebuah wahana bermain air ataupun di kolam renang hotel.

Sebuah kebahagiaan yang tak terkira saat kita memiliki momongan. Apalagi bisa meluangkan waktu bersama dengan mereka saat liburan datang. Berenang bersama anak biasanya menjadi salah satu kegiatan favorit dan bermanfaat untuk si kecil.

Menurut para pakar kedokteran anak, berenang mampu melatih syaraf motorik anak, juga mencerdaskannya. Aktifitas berenang ternyata masuk kategori olahraga loh, jadi si anak bermain sambil olahraga yang menyehatkan.

Penting buat Mama Papa baru nih sebelum mengajak anak berenang, ada beberapa hal penting yang sering terlewatkan. Dianjurkan menyiapkan keperluan makan anak seperti susu dan cemilan. Jangan lupa peralatan bilas si kecil dibawa juga.

Tips Mengajak Anak 1 Tahun Berenang

Sebelum Anda bersiap untuk berenang bersama anak, pastikan si kecil dalam keadaan sehat dan tidak memiliki alergi. Jika dirasa aman, perhatikan beberapa tips dibawah ini:

Tips Mengajak Anak 1 Tahun Berenang Yang Aman
Anak 1 tahun berenang

1. Cek Kualitas Air Kolam Renang.

Kualitas air kolam renang yang baik itu berwarna jernih. Apabila warna air kolam keruh atau hijau, lebih baik dihindari karena dipastikan banyak bakteri dan kuman di dalamnya.

Sebelum berenang, basuh atau cipratkan tubuh bayi dengan air keran. Ini bertujuan agar tubuh si anak tidak kaget saat dimasukkan kedalam kolam renang. Waktu paling bagus berenang untuk si anak di pagi hari sambil dipapar matahari pagi.

2. Hindari Kolam Renang yang Ramai.

Alangkah baiknya Anda memilih waktu saat lagi sepi pengunjung di kolam renang. Selain air kolam renang terbilang masih fresh, si anak juga akan merasa lebih nyaman berenang saat tidak ramai.

Takutnya jika terlalu padat, si kecil jadi mudah tersenggol orang sekitar.

3. Gendong dan Peluk Anak.

Jika Anda mengajak anak berenang untuk pertama kalinya, wajib di gendong atau dipeluk saat mulai turun ke air.

Turun secara perlahan kedalam air kolam, untuk mengurangi rasa kaget si anak. Pastikan peluk si anak dengan erat agar tidak terjatuh.

4. Memuji dan Mendukung Anak.

Memuji dan mendukung anak saat berenang akan membuatnya merasa nyaman dan bersemangat.

Pasang ekspresi wajah tersenyum juga dapat membuat anak senang dan tertawa. Hindari dari kepanikan atau berteriak karena si anak bisa saja takut dan kaget.

Demikianlah beberapa tips mengajak anak 1 tahun berenang yang aman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share This